LKPS-14
Sistematika
proposal PTK mencakup unsur-unsur sebagai berikut:
JUDUL PENELITIAN
Judul penelitian
dinyatakan secara singkat dan spesifik tetapi cukup jelas menggambarkan masalah
yang akan diteliti, tindakan untuk mengatasi masalah serta nilai manfaatnya.
Formulasi judul dibuat agar menampilkan wujud PTK bukan penelitian pada
umumnya. Umumnya di bawah judul utama dituliskan pula sub judul. Sub judul
ditulis untuk menambahkan keterangan lebih rinci tentang subyek, tempat, dan
waktu penelitian.
BAB I PENDAHULUAN
a. Latar
Belakang Masalah
Tujuan utama PTK
adalah untuk memecahkan permasalahan pembelajaran. Untuk itu, dalam uraian latar belakang masalah yang harus dipaparkan
hal-hal berikut.
(1)
Masalah
yang diteliti adalah benar-benar masalah pembelajaran yang terjadi di sekolah.
Umumnya didapat dari pengamatan dan diagnosis yang dilakukan guru atau tenaga
kependidikan lain di sekolah. Perlu dijelaskan pula proses atau kondisi yang terjadi.
(2)
Masalah yang akan diteliti merupakan suatu masalah
penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta dapat dilaksanakan dilihat dari
segi ketersediaan waktu, biaya, dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar
penelitian tersebut.
(3)
Identifikasi masalah di atas, jelaskan hal-hal yang
diduga menjadi akar penyebab dari masa!ah tersebut. Secara cermat dan
sistematis berikan alasan (argumentasi) bagaimana dapat menarik kesimpulan
tentang akar masalah itu.
b. Perumusan
Masalah
Pada
bagian ini umumnya terdiri atas jabaran tentang rumusan masalah dan cara
pemecahan masalah.
(1)
Perumusan Masalah, berisi rumusan masalah penelitian.
(2) Pemecahan
Masalah; merupakan uraian altematif
tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah.
Contoh rumusan
masalah:
1.
Bagaimana
implementasi strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang Bunyi.
2.
Apakah dengan pembelajaran strategi inkuiri seiswa lebih
bersemangat mengikuti pelajaran IPA
c. Tujuan
Penelitian
Tujuan PTK
dirumuskan secara jelas, dipaparkan sasaran antara dan sasaran akhir tindakan
perbaikan. Perumusan tujuan harus konsisten dengan hakikat permasalahan yang
dikemukakan dalam bagian-bagian sebelumnya.
Dari rumusan
tersebut menjadi tujuan penelitiannya sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui seberapa
besar peningkatan
pemahaman
konsep tentang bunyi pada mata
pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri.
2. Untuk mengetahui seberapa
tinggi semangat belajar siswa setelah mengikuti pelajaran dengan strategi
inkuiri.
d.
Manfaat Penelitian
Kemukakan secara
jelas manfaat bagi siswa, bagi guru serta bagi satuan pendidikan.
BAB II KAJIAN
TEORI
Pada
bagian ini diuraikan landasan konseptual dalam arti teoritik yang digunakan
peneliti dalam menentukan alternatif pemecahan masalah. Sebagai contoh, akan
dilakukan PTK yang menerapkan model pembelajaran kontekstual sebagai jenis
tindakannya. Pada kajian pustaka harus jelas dapat dikemukakan:
a. Kemukakan
secara lengkap berdasarkan teori dan temuan yang berkaitan dengan masalah yang
akan dipecahkan.
b.
Bagaimana
teori pembelajaran kontekstual, apa yang
spesifik dari teori tersebut, persyaratannya. Bagaimana langkah-langkah tindakan yang dilakukan
dalam penerapan teori tersebut pada pembelajaran, strategi pembelajarannya.
c.
Bagaimana
peningkatan
mutu proses pembelajaran dengan
penerapan model tersebut dengan perubahan yang diharapkan, atau terhadap
masalah yang akan dipecahkan, sehingga dapat memunculkan hipotesis tindakan.
BAB III METODE
PENELITIAN
Pada
bagian ini uraikan setidaknya dengan sistematika berikut:
a. Setting penelitian dan karakteristik
subjek penelitian. Pada bagian ini disebutkan di mana penelitian tersebut
dilakukan, di kelas berapa dan bagaimana karakteristik dari kelas subyek
penelitian.
b. Prosedur/siklus penelitian.
Pada bagian ini dijelaskan jumlah siklus yang akan dilakukan dan berapa
pertemuan tiap siklus. Diusahakan minimal dua siklus dan tiap siklus minimal 3
pertemuan. Tiap siklus mengikuti tahapan PTK (perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi)
c.
Pengumpulan
data. Pada bagian ini ditunjukan dengan jelas jenis data dan cara
pengumpulannya/instrumen yang akan digunakan.
d. Indikator kinerja, pada
bagian ini tolak ukur keberhasilan tindakan perbaikan ditetapkan secara
eksplisit.
e. Jadwal kegiatan penelitian
disusun dalam matriks yang menggambarkan urutan kegiatan dari awal sampai
akhir.
B. Proposal yang
disusun harus dilengkapi dengan RPP untuk setiap siklus dan Instrumen yang
digunakan